Menu Close

Pentingnya Membaca Bagi Anak

Mulai Membaca Dari Usia Muda

Saat tumbuh dewasa, orang tua saya membacakan cerita untuk saya setiap malam. Saya selalu berasumsi bahwa ini adalah norma dalam rutinitas waktu tidur setiap anak di seluruh negeri. Sebagai guru bersertifikat di PAUD, saya tahu pentingnya membaca bagi anak-anak. Manfaat yang terkait dengan potongan rambut sebelum tidur yang sederhana setiap hari tampaknya tidak ada habisnya. Bayangkan betapa terkejutnya saya ketika saya membaca statistik bahwa hanya 39% orang tua membacakan untuk anak-anak mereka setiap hari (Young, Davis, dan Schoen, 1996).

Singkatnya, saya tercengang. Saya telah melihat para pembaca saya yang kesulitan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari mereka. Ketika seorang anak mengalami kesulitan membaca, akibatnya segala sesuatu di sekolah menderita. Apakah sesuatu yang sederhana seperti interaksi sepuluh menit sebelum tidur antara orang tua dan anak yang mencegah anak-anak ini berjuang selama tahun-tahun sekolah mereka? Benarkah sesederhana itu? Saya ingin orang tua mengetahui betapa pentingnya membaca bagi anak-anak mereka setiap hari.

5 Tips Membiasakan Anak Gemar Membaca yang Dapat Anda Praktikkan - APPLE  TREE PRE-SCHOOL BSD

Ini mengajarkan keterampilan membaca dan menulis dasar

Saat anak-anak membaca, mereka mengambil terlalu banyak sekaligus. Hal-hal sederhana yang mungkin diterima begitu saja oleh pembaca berpengalaman selama beberapa tahun pertama kehidupan disajikan sambil mendengarkan sebuah cerita. Anak-anak yang akrab dengan buku tahu cara memegang buku dan membalik halaman dari kiri ke kanan. Mereka tahu buku itu punya judul.

Pembaca sebelumnya juga memahami bahwa buku tersebut berisi gambar dan kata dan mereka mulai membedakan kata dan huruf. Mereka mulai menyadari bahwa teks cetak dibaca dari kanan ke kiri dan dari atas ke bawah, yang berkaitan langsung dengan keterampilan menulis dasar mereka. Distrik sekolah mengharapkan anak-anak membaca skrip kata sederhana di akhir taman kanak-kanak, dan memiliki keterampilan dasar ini dapat mendorong mereka menuju kesuksesan.

Ini mengajarkan keterampilan mendengarkan dasar

Memang benar, karena saya mengujinya di kelas setiap hari. Beberapa anak tidak memiliki kemampuan untuk duduk diam cukup lama untuk mendengarkan cerita. Beberapa anak mungkin mengalami masalah karena kecacatan, tetapi yang lain mungkin kurang memahami tentang waktu ceritanya. Menjadikan waktu cerita di rumah sebagai aktivitas sehari-hari, menyenangkan, dan menarik dapat mendorong anak-anak untuk bersemangat dengan waktu cerita di sekolah yang juga dapat meredam masalah perilaku.

Meningkatkan kosa kata dan keterampilan bahasa

Coba pikirkan semua kata baru yang didengar anak-anak dari buku. Percakapan sehari-hari kita tidak membutuhkan banyak penggunaan bahasa atau kosa kata yang rumit dan dapat menghambat perkembangan bahasa lisan anak. Membacakan untuk seorang anak dapat memperkenalkan banyak kata baru, terutama judul non-fiksi. Sastra anak-anak menawarkan contoh bahasa yang bagus untuk anak-anak. Mendengar aliran penulisan dan inovasi kata, terutama dalam pembacaan berulang pada teks yang sama, hal itu dapat mendorong perkembangan bahasa anak-anak.

Itu membangun pengetahuan tentang dunia

Seperti dalam perkembangan bahasa, membaca menghadapkan anak-anak pada dunia informasi baru. Sebagai seorang guru, saya menggunakan buku untuk mengajari anak-anak suatu topik, seperti tempat, orang, atau topik. Banyaknya informasi yang dapat dipelajari seorang anak dari buku tidak pernah berakhir, yang mengarah pada manfaat berikutnya.

Menumbuhkan kecintaan membaca

Memungkinkan anak-anak menikmati membaca adalah salah satu hadiah terpenting yang dapat diberikan oleh orang tua. Anak-anak akan belajar keterampilan membaca di sekolah, tetapi mereka akan mengasosiasikan membaca dengan pekerjaan, bukan kesenangan. Akibatnya, mereka mungkin kehilangan keinginan untuk membaca, yang memengaruhi pekerjaan rumah dan keinginan untuk belajar. Ketika orang tua berbagi cerita yang menarik dengan seorang anak, dan sebagai gantinya, menjadi bersemangat dengan anak tersebut, orang tua menunjukkan betapa menyenangkannya membaca. Jim Trelease, penulis The Read-Aloud Handbook, mendorong orang tua untuk memimpin dengan memberi contoh, dengan mengatakan, “Pastikan anak-anak Anda melihat Anda membaca untuk kesenangan selain ketika Anda membaca dengan suara keras. Bagikan antusiasme Anda untuk apa yang Anda baca.”

Mendorong ikatan orang tua-anak

Membaca dengan lantang juga memberikan waktu khusus bagi orang tua untuk menjalin ikatan dengan anak-anak mereka. Memeluk bersama cerita pengantar tidur, itu akan membantu anak-anak Anda mengembangkan apresiasi seumur hidup untuk membaca. (Membaca dengan Keras, Tanpa Tanggal) Membangun Harga Diri Anak-anak seringkali ingin mendengar cerita yang sama berulang kali. Sama seperti orang dewasa yang mungkin perlu mendengar sesuatu lebih dari sekali untuk mengingat atau memahaminya, anak-anak juga sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *